Arti dan Pentingnya Penanda Kecepatan pada Indikator Pesawat

Spread the love

Istilah Utama dan Artinya

  1. VSO
    • Definisi: Kecepatan stall (macet) atau kecepatan terbang minimum yang stabil dalam konfigurasi pendaratan.
  2. VS1
    • Definisi: Kecepatan stall atau kecepatan terbang minimum yang stabil dalam konfigurasi tertentu, biasanya konfigurasi “bersih” tanpa flap, roda pendaratan, atau hambatan lainnya.
  3. White Arc (Rentang Operasi Flap)
    • Batas Bawah: Menunjukkan kecepatan stall dengan flap penuh.
    • Batas Atas: Menunjukkan kecepatan maksimum untuk pengoperasian flap.
    • Penggunaan: Pendekatan dan pendaratan biasanya dilakukan dalam rentang ini.
  4. VFE
    • Definisi: Kecepatan maksimum dengan flap diperpanjang, yang dapat bervariasi tergantung pada apakah flap diperpanjang sebagian atau penuh.
  5. Green Arc (Rentang Operasi Normal)
    • Menunjukkan rentang kecepatan aman untuk sebagian besar operasi penerbangan.
  6. VNO
    • Definisi: Kecepatan jelajah struktural maksimum, juga dikenal sebagai kecepatan operasi normal.
    • Batas Atas Green Arc: Menunjukkan kecepatan tertinggi yang sesuai untuk kondisi turbulensi.
  7. Yellow Arc (Rentang Waspada)
    • Kecepatan dalam rentang ini hanya aman dalam udara yang tenang dan harus dikontrol dengan hati-hati.
  8. VNE
    • Definisi: “Kecepatan yang tidak boleh dilampaui,” di mana kerusakan struktural, deformasi sayap atau ekor, atau flutter aeroelastik menjadi sangat mungkin.
    • Red Line: Menandai batas ini pada indikator kecepatan udara dan menentukan tepi performa pesawat.

Representasi Visual pada Indikator Kecepatan Udara

  • White Arc: Rentang operasi flap.
  • Green Arc: Rentang operasi normal.
  • Yellow Arc: Rentang waspada (hanya terbang di udara tenang).
  • Red Line: Kecepatan yang tidak boleh dilampaui (VNE).

Pentingnya Mematuhi Penanda Kecepatan

Memahami dan mematuhi batas kecepatan ini memastikan:

  • Penanganan pesawat yang aman dalam berbagai konfigurasi penerbangan.
  • Perlindungan terhadap kerusakan struktural.
  • Kinerja yang efisien selama fase penerbangan rutin maupun kritis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top